[Press Release: Sharing Hearing of Public Health 2024]

[Press Release: Sharing Hearing of Public Health 2024]

HALLO WARGA KESMAS UNUSA!!!

Surabaya - Minggu, 12 Mei 2024 HMKM (Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat) UNUSA telah menyelesaikan rangkaian kegiatan SHOP (Sharing Hearing of Public Health) series ketiga yakni JASMANI (Jalin Relasi Bersama Alumni) di Cafe Bukan Hanya Kopi, Jl. Flores No.31, Ngagel, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60246. SHOP pada kali ini membawakan tema “Eksplorasi Aspirasi Sebagai Upaya Dalam Membangun Peningkatan Kualitas Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA”. SHOP merupakan salah satu program kerja dari Divisi PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) yang menjadi wadah bagi seluruh mahasiswa Kesehatan Masyarakat UNUSA untuk menyalurkan aspirasi baik berupa akademis maupun non akademis selama menjalani perkuliahan. 

                                                               Gambar 1. Sharing bersama alumni

JASMANI sendiri yakni mempertemukan jajaran kepengurusan angkatan yang terdiri dari ketua angkatan, wakil ketua angkatan, dan komting dari tiap kelas dari angkatan yang masih aktif saat ini (2020 s/d 2023) dengan jajaran kepengurusan yang serupa pada angkatan sebelumnya (2013 s/d 2019). Dipimpin oleh Reza Ilham Agung Kristanto sebagai moderator, pelaksanaan JASMANI sendiri terbilang santai dan sederhana, para alumni dan mahasiswa membaur menjadi satu dan saling sharing mengenai pengalaman dan tantangan ketika menjabat, bagaimana cara untuk menjaga kekompakan dan membangun sebuah angkatan yang harmonis, serta menyampaikan kendala-kendala yang dialami oleh angkatan saat ini yang masih menjalani perkuliahan. Termasuk juga menanyai ulang kepada angkatan 2020 s/d 2023 tentang ada atau tidaknya perubahan terkait dosen atau masalah yang sudah disampaikan pada SHOP series sebelumnya yakni series 1&2.

                                                    Gambar 2. Foto bersama pasca JASMANI


SHOP series 1&2 sendiri telah dilaksanakan pada akhir bulan Januari sampai awal bulan Februari lalu. SHOP series 1 dirancang menjadi sebuah diskusi interaktif (Distrak) yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting selama 4 hari berturut-turut (29 Januari s/d 1 Februari 2024). Pada series ini seluruh mahasiswa Kesehatan Masyarakat UNUSA berpartisipasi dalam acara, dimulai dari angkatan termuda yakni angkatan 2023, angkatan 2022, lalu angkatan 2021, kemudian angkatan 2020.

    Gambar 3. Distrak Angkatan 2023

                                                                Gambar 4. Distrak Angkatan 2020

SHOP series 1 dihari pertama dan kedua dimoderatori oleh Angelita Nimas Yuniar sedangkan dihari ketiga dan keempat dimoderatori oleh Bahrul Syah Indastin yang juga selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini. Rangkaian acaranya dimulai dari registrasi dan dilanjut dengan pembukaan oleh moderator, kemudian penjelasan mengenai SHOP oleh Bupati/Wakil Bupati HMKM UNUSA, lalu sesi diskusi/sharing. Dalam pelaksanaan sharing ini sendiri setiap angkatan memiliki topik pembicaraan masing-masing, diantaranya: Angkatan 2023 diambil isu BToPH (Basic Training of Public Health), Angkatan 2022 diambil isu pelaksanaan surveilans, Angkatan 2021 diambil isu PBL (Praktik Belajar Lapangan) & PjBL (Project Based Learning), dan untuk Angkatan 2020 diambil isu seputar skripsi. Setelah saling sharing mengenai kendala atau masalah selama perkuliahan kegiatan dilanjut dengan dokumentasi lalu presensi dan penutup.

                                                      Gambar 5. Distrak Angkatan dan Dosen

SHOP series 2 dilakukan agak berbeda dengan series sebelumnya, karena pada series kedua para dosen dan staff diundang untuk menghadiri distrak yang dimana didalamnya membahas mengenai keluh kesah yang sudah disampaikan pada SHOP series 1. Untuk rangkaian acaranya sendiri kurang lebih sama dengan SHOP series 1, dimulai dari registrasi, pembukaan, dan seterusnya sampai penutup dan dokumentasi. Namun pembeda dari SHOP series sebelumnya yaitu pada mekanisme diskusi/sharing. Pada series kedua para dosen dan mahasiswa diberikan waktu untuk saling menanggapi terkait masalah yang disampaikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketentuan PKKMB Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat 2023

PRESS RELEASE BUSINESS PLAN COMPETITION PUBLIC HEATH FAIR (PHF)

PRESS RELEASE KEGIATAN