PRESS RELEASE PUNCAK & PASCA BToPH 2023

HELLO WARGA KESMAS UNUSA!!!


Surabaya – HMKM (Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat) UNUSA telah menyelesaikan rangkaian kegiatan Basic Training of Public Health (BToPH) 2023/2024. Rangkaian itu adalah kegiatan Puncak & Pasca Basic Training of Public Health (BToPH) 2023. Yang pertama puncak BToPH 2023, kegiatan ini bertujuan untuk semakin meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa peduli sesama mahasiswa, khususnya para peserta Mahasiswa Baru Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA.

 
Kegiatan ini diadakan selama dua hari. Pada Hari Sabtu-Minggu di tanggal 16-17 Desember 2023. Bertempat di Lawang Adventure Camp Pondok Pesantren Darussalam, di Jl. Anjasmoro, Turi, Turirejo, Kec. Lawang, Kab. Malang, Jawa Timur. Kegiatan diawali dengan pembukaan & pemberangkatan bertempat di halaman kampus UNUSA yang dibuka & diberangkatkan oleh Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA yaitu Ibu Dwi Handayani, S.KM., M.Epid. Dilanjutkan dengan pemberangkatan menuju tempat kegiatan puncak BToPH 2023. Setelah sampai di tempat kegiatan peserta diarahkan ke aula untuk melaksanakan kegiatan screening. Setelah screening, peserta diarahkan untuk bersih diri, sholat dzuhur dan makan siang.

                     
      
Kemudian dilanjut Welcome to The Jungle yang dikemas seperti outbound. Dalam outbound terdiri dari 4 pos di dalam setiap pos dimainkan oleh satu regu yang berisi dua kelompok dari peserta. Pos-pos ini terdiri dari pos pemberangkatan, pos find ISMKMI, pos raket sarung, pos jaga lilin dan pos moment of gratitude. Setelah outbound selesai dilanjutkan istirahat, bersih diri & sholat ashar. Dilanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu kajian strategis (KASTRAT) dengan tema : Penolakan Surat Rekomendasi dan Dispensasi Pernikahan Dini sebagai Upaya Pencegahan AKI dan AKB. Yang di moderatori Elsa Dwi Alvianti. Dari peserta dibagi menjadi dua tim, tim pro & tim kontra. Setelah KASTRAT peserta dilihatkan video After Movie dari rangkaian kegiatan peserta sebelumnya.

             


Setelah kegiatan ini selesai dilanjutkan sholat maghrib yang dilanjut istigosah bersama sambil menunggu waktu sholat isya’ dan setelah itu dilanjutkan sholat isya’. Selanjutnya dilanjut makan malam bersama dosen. Setlah makan malam dilanjutkan api unggun dan penampilan peserta dari setiap kelompok. Dilanjutkan istirahat malam dan hari selanjutnya dibangunkan untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah. Selanjutnya istirahat dan dilanjut kegiatan berikutnya yaitu senam bersama. Setelah senam bersama dilanjutkan packing persiapan untuk pulang dan bersih diri. Dan setelah itu sarapan. Lalu dilanjutkan pengumuman poin dari setiap peserta BToPH 2023. Selanjutnya tukar kado & awarding peserta dan panitia. Setelah itu dilanjut memberikan secarik isi hati & black pink card dari setiap peserta memberikan kepada panitia yang dikehendaki menerima black pink card. Setelah itu perjalanan kembali ke kampus dan pulang.

Setelah kegiatan puncak BToPH 2023 selesai kegiatan yang kedua adalah kegiatan pasca BToPH 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian Mahasiswa baru Kesehatan Masyarakat terhadap lingkungan sekitar dan lingkungan sekitar (masyarakat) dapat merasakan dampak positif dari kepedulian tersebut. Dan mengajarkan kepada mahasiswa baru tentang kepanitiaan dan administrasi yang ada di dalam kepanitiaan. Kegiatan ini berupa kegiatan share yaitu berbagi berupa materi dan ilmu dan care yaitu peduli terhadap lingkungan sekitar (termasuk mengatasi masalah kesehatan di lingkungan terkait) atau bisa disebut Public Health Share and Care (PHSC).
  
              

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2024 di beberapa yayasan panti asuhan yang ada di Surabaya. Untuk peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Dengan sasaran Anak SD dan SMP yang berada di yayasan tersebut. Kelompok 1 bertempat di Yayasan Panti Asuhan Roudhotul Jannah (Abul Yatim), Jl. Tegal Mulyorejo Baru, Kec. Mulyorejo. Kelompok 2 bertempat di Yayasan Panti Asuhan PPAY Al Amal, Jl. Wonosari Lor, Kec. Semampir. Dan kelompok 3 bertempat di Yayasan Panti asuhan Muhamadiyah, Jl. Pagesangan, Kec. Jambangan. Setiap kelompok memiliki susuan acara yang secara garis besar sama pelaksanaannya.

Dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara dari setiap kelompok. Dilanjutkan sambutan dari ketua kelompok atau yang mewakili dari setiap kelompok, dan dilanjut sambutan dari pihak atau pengurus dari setiap yayasan. Selanjutnya penyampaian materi, jadi setiap kelompok sudah melihat masalah kesehatan yang ada di tempat tersebut. Dan dari hal itu ditemukan beberapa hal yang bisa dijelaskan oleh setiap kelompok. Sehingga dari setiap kelompok menyampaikan materi tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) seperti, cuci tangan yang baik, cara pengolahan sampah, menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan lain sebagainya. Setelah itu sesi diskusi dan shareing tentang materi yang sudah disampaikan. Dilanjutkan mini games. Lalu penyerahan plakat atau santunan kepada pihak yayasan. Selanjutnya penutup dan sesi foto bersama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketentuan PKKMB Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat 2023

PRESS RELEASE BUSINESS PLAN COMPETITION PUBLIC HEATH FAIR (PHF)

PRESS RELEASE KEGIATAN