PRESS RELEASE PUBLIC HEALTH FESTIVAL (PH-FEST) 2023

 PRESS RELEASE PUBLIC HEALTH FESTIVAL (PH-FEST) 2023

Press Release : PUBLIC HEALTH FESTIVAL (PH-FEST) tahun 2023 

HELLO WARGA KESMAS UNUSA!!!

Surabaya – HMKM (Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat) UNUSA telah melaksanakan rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional 2023 dengan Mengadakan acara “Public Health Festival” (PH-Fest). Dalam kegiatan terselenggaranya kegiatan antara lain : lomba IFoPH (Islamic Festival of Public Health), Screening Kesehatan, dan rangkaian puncak 5th ASM (Annual scientific meeting). Kegiatan PH-Fest ini berguna meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam mengasah kemampuan mahasiswa dan juga kegiatan ini sebagai wadah untuk menyalurkan minat bakat dengan mengikuti lomba, meningkatkan rasa peduli kepada sesama, meningkatkan derajat kesehatan di lingkungan kampus, berpikir kritis serta tempat diskusi dengan mengikuti seminar nasional yang diadakan dalam kegiatan ini

Rangkaian yang pertama, lomba IFoPH dengan tema “Public Health & Humanity”. dilaksanakan pada Hari Rabu, 8 November 2023. Kegiatan ini mengajak seluruh peserta didik dari jenjang SMA sampai Mahasiswa, dimulai dari usia 15-25 tahun. Kategori lomba yang dilombakan antara lain Islamic Health Speech, Islamic Health Education Poster, dan Qiroah.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 26 peserta dari dalam kampus maupun luar kampus. Lomba ini diadakan secara online sehingga dapat dengan mudah masuk ke seluruh lapisan peserta SMA sampai Mahasiswa. Adapun biaya pendaftaran lomba sebesar Rp 20.000 yang harus dikeluarkan oleh peserta. Dari uang pendaftaran tersebut kami juga mengambil sebanyak 10% dari biaya pendaftaran untuk disumbangkan ke Palestina sebagai wujud rasa kemanusian. lomba ini mengambil juara 1 dan 2 dari setiap lombanya yang nantinya akan diundang pada saat acara kegiatan puncak ASM. Seiring berjalannya rangkaian proses lomba yang dijalani maka selesailah rangkaian lomba yang telah dilaksanakan dan momen yang ditunggu-tunggu setelah seluruh rangkaian acara selesai terdapat 6 pemenang dari beberapa lomba yang diikuti antara lain :

1.     Pemenang Lomba Islamic Health Poster

      Juara 1: Asroful Waro'faid Sukamto (Universitas Airlangga)

      Juara 2: Alivi Qotrun Nada (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)

2.     Pemenang Lomba Islamic Health Speech

      Juara 1: Nabila Alya Rahma (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)

      Juara 2: Amanda Amalia Nasrullah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

3.     Pemenang Lomba Qiro'ah

      Juara 1: Hasbi As-Shidqi (Universitas Abdurrab,Riau)

      Juara 2: Rijalul Amri (Pesantren Nurmedina, Tangerang Selatan)

Rangkaian kegiatan ke-2 Public Health Festival (PH-Fest) yaitu Screening Kesehatan. kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Jumat, tanggal 24 November 2023. kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi dari mahasiswa Kesehatan Masyarakat semester 7 dengan peminatan Epid-Bios dengan mengajak serta menjalin kerjasama dari prodi lingkungan Fakultas Kesehatan antara lain Analis Kesehatan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Gizi. Kegiatan ini dibuka dengan senam bersama yang dihadiri langsung oleh KAPRODI S1 Kesehatan Masyarakat Ibu Dwi Handayani S.KM., M.Epid serta dosen di lingkungan prodi S1 Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan di Musholla Cinta yang berada Di UNUSA. Rangkaian dibuka dengan registrasi para pegawai civitas akademika dan peserta dari lapisan universiatas UNUSA. Adapun rangkaian dari kegiatan ini antara lain :

1.     Antropometri

2.     Cek Gula Darah

3.     Cek Asam Urat

4.     Cek Hemoglobin

5.     Cek Tekanan Darah

6.     Konsultasi Gizi

7.     Konsultasi Akibat Kelelahan Kerja



Selanjutnya kegiatan ini dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat yang berada di lingkungan masyarakat tanpa terkecuali dari pegawai dan seluruh civitas akademika. Kegiatan ini dimeriahkan pula oleh kuis berhadiah yang dilakukan oleh jajaran Rumah Sakit Islam. Ahmad Yani Wonokromo. Kegiatan berjalan dengan lancar dan seru serta menjadi tempat canda dan tawa dari seluruh pegawai dan seluruh civitas akademika. Dengan berjalannya seluruh rangkaian acara maka dinyatakan screening tahun 2023 telah selesai dan ditutup dengan foto bersama dengan seluruh panitia dan dosen yang bertugas.

Rangkaian kegiatan yang ke-3 “Public Health Festival” (PH-Fest) yaitu puncak dari seluruh kegiatan diatas, dimana dengan diadakannya Seminar Nasional 5th Annual Scientific Meeting (ASM) dengan tema “Engaging and Empowering GEN Z in Health Transformation” yang dilaksanakan pada Hari Kamis, tanggal 30 November 2023. Dalam seminar kali ini menghadirkan narasumber hebat dari Kementerian Kesehatan RI atas nama dr. Gregorius Bimantoro serta kakak beradik yang merupakan dari GEN Z dan juga sebagai aktivis lingkungan yaitu kak Sofi Azilan Aini S.KM yang merupakan alumni S1 Kesehatan Masyrakat UNUSA serta adiknya bernama Aeshnina Azzahra Aqilani.

Kegiatan dibuka dengan peserta melakukan registrasi dengan scan barcode yang mengarah pada link presensi. Peserta hadir secara offline dan secara online. Dengan jumlah 233 peserta dan tamu undangan sebanyak 29 serta mahasiswa UNUSA maupun mahasiswa luar UNUSA yang antusias mengikuti kegiatan ini. kegiatan dimulai dengan menayangkan profil UNUSA, Fakultas Kesehatan, Kompilasi video ASM serta Safety Induction. Kegiatan dibuka dengan penampilan tari “Jejer Jaran Dawuk”


Rangkaian selanjutnya, sambutan Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng serta dibukanya acara ASM (Annual scientific meeting) 2023. Kegiatan selanjutnya pembacaan doa oleh bapak Muhammad Afwan Romdloni, S.HI., M.Ag. Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian pemateri pertama yaitu kak Sofi Azilan

Aini S.KM beserta adiknya Aeshnina Azzahra Aqilani dengan tema “The Role of GEN Z in Implementing Transformative Public Health Solution” dilanjutkan dengan pemaparan pemateri kedua oleh dr. Gregorius Bimantoro dengan tema “Digital Health Literacy and Empowerment for GEN Z: Roadmap and Strategy for Health Transformation” yang dimoderatori oleh dosen kita dari prodi S1 Kesehatan Masyarakat yaitu bapak Maki Zamzam S.KM, M.KM dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh seluruh peserta yang hadir online di zoom, live streaming dan peserta yang hadir secara offline di auditorium Lt.9 UNUSA tower kampus B.

Pada rangkaian akhir terdapat pembagian hadiah dari lomba IFoPH yang telah diselenggarakan. Pada sesi ini juga terdapat game kahoot, pemenang story terbaik, dan pemenang penanya terbaik serta seluruh penyerahan hadiah dibagikan dalam satu waktu penyerahan hadiah. Dan diakhiri penutupan kegiatan dengan melakukan presensi dan evaluasi bagi peserta yang hadir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketentuan PKKMB Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat 2023

PRESS RELEASE BUSINESS PLAN COMPETITION PUBLIC HEATH FAIR (PHF)

PRESS RELEASE KEGIATAN