PRESS RELEASE PRA BToPH & HEALTH DAY 2023

PRESS RELEASE PRA BToPH & HEALTH DAY 2023

HELLO WARGA KESMAS UNUSA!!!

    Surabaya – HMKM (Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat) UNUSA telah menyelesaikan salah satu rangkaian kegiatan Basic Training of Public Health (BToPH) 2023/2024. Salah satu rangkaian itu adalah kegiatan Pra Basic Training of Public Health (BToPH) 2023. Dalam kegiatan Pra BToPH 2023 terdapat beberapa rangkaian kegiatan yaitu: Pra 1 BToPH, Pra 2 BToPH, Pra 3 BToPH, Pra 4 BToPH dan yang terakhir Pra 5 BToPH (Health Day).

Rangkaian kegiatan pertama, Pra 1 BToPH. Dilaksanakan pada Hari Sabtu, 14 Oktober 2023. Di Ruang B-313 Gedung Tower UNUSA Kampus B. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa pengetahuan yang di berikan kepada para mahasiswa baru. Rangkaian kegiatan ini di mulai dengan registrasi untuk para mahasiswa baru. Dilanjutkan dengan pembukaan, do’a dan pembacaan surat Al-Waqi’ah. Setelah itu dilanjutkan dengan sarapan bersama. Setelah selesai sarapan bersama dilanjutkan Pre-test sebagai pembanding sejauh mana pengetahuan mahasiswa baru sebelum mendapatkan pengetahuan dari kegiatan ini. Selanjutnya dilanjut dengan sambutan dari ketua pelaksana, Fadlilatul Munawaroh dan sambutan dari Bupati Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) UNUSA, Kak Nur Rizqika Salsabila.

 Selanjutnya penyampaian materi, Materi pertama yaitu “Hak dan Kewajiban Mahasiswa serta Critical Thinking Building” yang dijelaskan oleh pembina HMKM UNUSA, Ibu Atik Qurrota A’yunin A., S.KM., M.Kes. materi ini menjelaskan kepada mahasiswa baru mengenai tugas, fungsi, kewajiban dan hak sebagai mahasiswa serta tentang Critical Thinking Building. Materi kedua yaitu “Pengenalan PKM” disampaikan oleh perwakilan Divis PROFKIL HMKM UNUSA, Nashirotul Millah. Sehingga mahasiswa baru dapat mengetahui tentang pengertian Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), ada berapa jenis-jenis PKM dan bagaimana perbedaan dari tiap PKM dan hal lainnya tentang PKM. Dilanjut dengan pengenalan Organisasi Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) UNUSA, yang dimoderatori Bupati HMKM UNUSA. 


Setelah pengenalan organisasi HMKM UNUSA dilanjutkan istirahat, sholat dan makan siang. Setelah itu dilanjut dengan kegiatan selanjutnya yaitu Sharing Mahasiswa Berprestasi, yang di hadiri oleh : Kak Fatiha  (1st Consolation International Short Movie Competition, 2nd ISOTECHMA Competition), Kak Dimas (Medali Perunggu Bidang Sejarah pada OSAK (Olimpiade PRA KSN-K) diadakan oleh POSI, Magang MBKM), Kak Acha  (PPKO), Kak Aisya (Semi Final AESCULAPIUS (Education Video)), Kak Jihan (Lolos Pendanaan PKM-K). Dengan moderator Kak Fifin  Alfiani R. Setelah Sharing Mahasiswa Berprestasi dilanjut dengan Post test sebagai tolak ukur kemampuan Mahasiswa setelah mendapatkan materi. Dilanjut dengan Penutup dan Sesi Foto Bersama. 

Rangkaian kegiatan yang kedua, Pra 2 BToPH. Dilaksanakan pada Hari Sabtu, 21 Oktober 2023. Di Ruang B-406 Gedung Tower UNUSA Kampus B. Sama seperti sebelumnya rangkaian kegiatan dimulai dengan registrasi untuk para mahasiswa baru. Dilanjutkan dengan pembukaan, do’a dan pembacaan surat AlWaqi’ah. Setelah itu dilanjutkan dengan sarapan bersama. Setelah selesai sarapan bersama dilanjutkan Pre-test sebagai pembanding sejauh mana pengetahuan mahasiswa baru sebelum mendapatkan pengetahuan dari kegiatan ini. 

Dilanjut dengan pengenalan 8 Pilar Kesehatan Masyarakat. Pada Pra kali ini terdapat 3 penyampaian materi dari pengenalan 8 Pilar Kesehatan Masyarakat. Yang pertama, pengenalan pilar AKK yang disampaikan oleh salah satu dosen AKK Kesehatan Masyarakat UNUSA yaitu Bapak Budhi Setianto, ST., M.Kes. Yang kedua, pengenalan pilar Epidemiologi yang disampaikan oleh salah satu dosen Epidemiologi Kesehatan Masyarakat UNUSA yaitu Ibu Kuuni Ulfah Nailah El Muna, S.KM., M.Epid. Dan yang ke-3 pengenalan pilar Biostatistika yang disampaikan oleh salah satu dosen Biostatistika Kesehatan Masyarakat UNUSA yaitu Bapak Mursyidul Ibad, S.KM., M.Kes. Setelah pengenalan 3 dari 8 Pilar Kesehatan Masyarakat dilanjut dengan Pengenalan Organisasi ISMKMI, yang disampaikan oleh Kak Zalva Hanny Fauzia selaku pengurus ISMKMI KORDA Jawa Timur. 

 

Setelah Pengenalan Organisasi ISMKMI dilanjutkan istirahat, sholat dan makan siang. Setelah itu dilanjut dengan kegiatan selanjutnya yaitu Materi persidangan yang disampaikan oleh Kak Karisma Nur Ayu selaku DPN ISMKMI. Dilanjut dengan Simulasi Sidang yang dipimpin, diawali dan diawasi oleh Divisi POKJA ISMKMI HMKM UNUSA, yang dimoderatori kak Lili Nur Safitri selaku salah satu Anggota Divisi POKJA ISMKMI HMKM UNUSA. Setelah Simulasi Sidang dilaksanakan dilanjut dengan Post test sebagai tolak ukur kemampuan Mahasiswa setelah mendapatkan materi. Dilanjutkan dengan Penutup dan Sesi Foto Bersama. 

Rangkaian kegiatan yang ke-3, Pra 3 BToPH. Dilaksanakan pada Hari Sabtu, 28 Oktober 2023. Di Ruang B-406 Gedung Tower UNUSA Kampus B. Sama seperti rangkaian kegiatan Pra sebelumnya. Setelah itu dilanjutkan dengan sarapan bersama. Setelah selesai sarapan bersama dilanjutkan Pre-test sebagai pembanding sejauh mana pengetahuan mahasiswa baru sebelum mendapatkan pengetahuan dari kegiatan ini. 

Dilanjut dengan pengenalan 8 Pilar Kesehatan Masyarakat. Pada Pra kali ini terdapat dua penyampaian materi dari pengenalan 8 Pilar Kesehatan Masyarakat. Yang pertama, pengenalan pilar Promosi Kesehatan yang disampaikan oleh salah satu dosen Promosi Kesehatan  Kesehatan Masyarakat UNUSA yaitu Ibu Atik Qurrota A'yunin A., S.KM., M.Kes. Dan yang kedua, pengenalan pilar K3 yang disampaikan oleh salah satu dosen K3 Kesehatan Masyarakat UNUSA yaitu Ibu Merry Sunaryo, S.KM., M.KKK. Selanjutnya penyampaian materi tentang Gerakan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang disampaikan oleh Kak Noer Farakhin, S.KM., M.Epid. selaku Alumni S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA. Serta presentasi tugas Mind Mapping peserta. 

Setelah penyampaian materi tentang Gerakan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat dilanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan siang. Setelah itu dilanjut dengan kegiatan selanjutnya yaitu Sharing Demisioner dengan Kak Gupta, Kak Indira, Kak Faradita, Kak Adel. Yang di moderatori Bupati HMKM UNUSA, Nur Rizqika Salsabila. Setelah Sharing Demisioner dilaksanakan dilanjut dengan Post test sebagai tolak ukur kemampuan Mahasiswa setelah mendapatkan materi. Dilanjutkan dengan Penutup dan Sesi Foto Bersama. 

Rangkaian kegiatan yang ke-4, Pra 4 BToPH. Dilaksanakan pada Hari Sabtu, 11 November 2023. Di Ruang C-303 UNUSA Kampus A. Sama seperti rangkaian kegiatan Pra sebelumnya. Setelah itu dilanjutkan dengan sarapan bersama. Setelah selesai sarapan bersama dilanjutkan Pre-test sebagai pembanding sejauh mana pengetahuan mahasiswa baru sebelum mendapatkan pengetahuan dari kegiatan ini.

Dilanjut dengan pengenalan 8 Pilar Kesehatan Masyarakat. Pada Pra kali ini terdapat 3 penyampaian materi dari pengenalan 8 Pilar Kesehatan Masyarakat. Yang pertama, pengenalan pilar Kesehatan Lingkungan yang disampaikan oleh salah satu dosen Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat UNUSA yaitu Ibu Dr. Ir. Akas Yekti Pulih Asih, M.Kes., M.M. Yang kedua, pengenalan pilar Gizi yang disampaikan oleh salah satu dosen Gizi Kesehatan Masyarakat UNUSA yaitu Ibu Novera Herdiani, S.KM., M.Kes. Dan yang ke-3 pengenalan pilar KIA-KesPro yang disampaikan oleh salah satu dosen KIA-KesPro Kesehatan Masyarakat UNUSA yaitu Ibu Wiwik Afridah, S.KM., M.Kes. Setelah pengenalan 3 dari 8 Pilar Kesehatan Masyarakat dilanjut dengan Kajian Strategi. Kajian Strategi kali ini bertema “Kesehatan Mental Gen Z dipengaruhi oleh Media Sosial” yang dimoderatori oleh Qilmi Faradila Radiani. Di sini peserta di bagi menjadi dua kubu, kubu pro dan kubu kontra serta tim netral yang telah dibentuk. 

Setelah kegiatan Kajian Strategi dilakukan dilanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan siang. Setelah itu dilanjut dengan kegiatan selanjutnya yaitu Pemaparan Progres PKM peserta yang di review oleh Bapak Maki Zamzam, S.KM., M.K.M. Dan Bapak Denis Fidita karya, S.Si., M.M. Setelah itu dilanjut dengan Post test sebagai tolak ukur kemampuan Mahasiswa setelah mendapatkan materi. Dilanjutkan dengan Penutup dan Sesi Foto Bersama. 

Rangkaian kegiatan yang ke-5, Pra 5 BToPH atau yang disebut Health Day. Dilaksanakan pada Hari Sabtu, 18 November 2023. Di Ruang C-303 dan Halaman Gedung UNUSA Kampus A. Sama seperti rangkaian kegiatan pagi sebelumsebelumnya. Setelah selesai sarapan bersama para peserta turun ke halaman Gedung UNUSA Kampus A. Berbeda dengan rangkaian kegiatan sebelumnya rangkaian kegiatan Pra kali ini di hadiri oleh seluruh Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA serta Para dosen dan staff Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA.

Dilanjut dengan pembukaan kegiatan Health Day ini. Setelah pembukaan dilanjut dengan Sambutan dari Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA atau yang mewakili, Ibu Atik Qurrota A’yunin A., S.KM., M.Kes. Acara selanjutnya yaitu kegiatan Sapa Maba, yaitu dari tiap Ketua Angkatan atau yang mewakili menyapa Para Mahasiswa Baru. Mulai dari Angkatan 2020, 2021, 2022 dan dilanjut dari mahasiswa baru atau angkatan 2023 juga kembali menyapa para Anggota Angkatan yang hadir, dengan diwakili ketua Angkatan 2023. Dilanjut dengan acara berikutnya yaitu senam bersama. Setelah senam seluruh Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA melakukan Outbound. 


Jadi di dalam kegiatan ini seluruh Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA telah di bagi menjadi 26 kelompok yang dikumpulkan kembali menjadi 6 regu. Setiap regu harus melalu 6 pos yang telah tersedia. Yaitu pos 1 Tiup balon, pos 2 Estafet Pingpong, pos 3 Bola Balap, pos 4 Blind ball, pos 5 Asah otak (kepala, pundak, lutut) dan pos 6 Ring Race. Setelah Outbound selesai dilanjut dengan Lomba Angkatan yang terdiri dari Lomba Flashmob, Lomba Maskot dengan Tema “Transformasi Kesehatan dengan Kearifan Lokal”, Best Supporter, Estafet Balon dan Gobak Sodor Putri. Setelah Lomba Angkatan selesai dilanjutkan dengan Pengumuman Juara dari tiap Lomba Angkatan dan sesi foto bersama. Selanjutnya dilanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan siang. Dan di akhir dengan penutupan kegiatan. 

 

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketentuan PKKMB Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat 2023

PRESS RELEASE BUSINESS PLAN COMPETITION PUBLIC HEATH FAIR (PHF)

PRESS RELEASE KEGIATAN