PRESS RELEASE PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA Tahun 2023

Press Release : Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA Tahun 2023


HALLO WARGA KESMAS UNUSA!!!

    Surabaya– HMKM (Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat) UNUSA telah rampung melaksanakan rangkaian kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat yang diselenggarakan pada Kamis, (7/9/2023) di Ruang B-406, Fakultas Kesehatan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Proker dari Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia ini merupakan kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi. PKKMB wajib diikuti oleh mahasiswa/i Kesmas yang bertujuan untuk mengenal dan memahami lingkungan Prodi sebagai lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya, mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma serta menerapkan visi dan misi yang berlaku, untuk bisa saling beradaptasi antar sesama mahasiswa.

    Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru merupakan agenda rutin tahunan pada saat penerimaan mahasiswa/i baru. Kegiatan PKKMB ini dihadiri oleh beberapa dosen yang nantinya akan menyampaikan pengenalan prodi dan pengenalan dosen-dosen serta staf prodi, tidak hanya itu HMKM UNUSA juga mengundang pengisi acara dari eksternal yang luar biasa untuk menyampaikan materi kepada mahasiswa/i baru. 



Pertama-tama mahasiswa/i baru berkumpul di depan musholla baru untuk melakukan registrasi dan juga screening terkait atribut dan barang bawaan, lalu mahasiswa/i menuju ke Ruang B-406 baris sesuai dengan kelompoknya, sesampainya di Ruang B-406 MC Nabila Putri Fara Difa mengarahkan  mahasiswa/i untuk makan dan minum barang yang sudah dibawa, dilanjutkan pemutaran video explore kampus dan penampilan yel-yel setiap kelompok. Lalu MC mengarahkan mahasiswa/i baru  untuk mengerjakan pretest. Tak lupa, menyanyikan 3 lagu wajib (Indonesia Raya, Yalal Wathon, dan Hymne UNUSA) dengan Bahrul Syah Indastin sebagai Dirigen. Kemudian membaca surah Al- Waqiah oleh Fasha Aurora Syabana.


Dilanjutkan sambutan Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat oleh Ibu Dwi Handayani S.KM., M.Epid. Kemudian pemaparan pemateri pertama oleh Kak Nadhir Wardhana Salama dengan tema Masa Depan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat di Era Transformasi Kesehatan, dilanjut dengan metode diskusi tanya jawab yang dimoderatori oleh Nurina Masthuroh, kemudian pemateri kedua oleh Ibu Ulfah  Abqari, S.KM., M.Sc dengan tema Masa Depan Tenaga Kesehatan Masyarakat di Kancah Global, dilanjut dengan metode diskusi tanya jawab yang dimoderatori oleh Nurina Masthuroh. Kemudian penyerahan sertifikat pemateri pertama dan pemateri kedua oleh Ibu Dwi Handayani S.KM., M.Epid.

     Tidak hanya pemaparan materi saja, acara dilanjut dengan Ice Breaking Siang dan Malam, yang dipimpin oleh MC dengan mengajak mahasiswa/i baru maju memimpin di depan. Berikutnya Pengenalan Program Studi oleh Ibu Dwi Handayani S.KM., M.Epid yang dilanjut dengan pengenalan dosen satu per satu dari prodi. Acara berikutnya terdapat pemaparan materi oleh pemateri ketiga oleh Bapak M. Yoto, S.KM., M.Kes dengan tema Masa Depan Tenaga Kesehatan Masyarakat untuk Indonesia Sehat, dilanjut dengan metode diskusi tanya jawab yang diarahkan oleh moderator. Dari banyaknya kegiatan yang terlaksana, panitia mengadakan ishoma untuk mahasiswa/i baru yang diarahkan oleh MC untuk sholat dhuhur dan juga makan. 

    Setelah ishoma, dilanjutkan dengan pemilihan ketua angkatan 2023 dengan 3 paslon dan yang terpilih adalah Nurur Rizqi Maulidi Akbar sebagai Ketua Angkatan dan Lutfiana Fitra Audina sebagai Wakil Ketua Angkatan. Dilanjut dengan wejangan oleh Ketua Angkatan 2022, oleh M. Aliful Mukarrom. Sebelum acara selesai, MC mengarahkan mahasiswa/i baru untuk mengerjakan post test dan dilanjutkan dengan dokumentasi.

     Diharapkan atas terselenggaranya acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA mahasiswa/i baru dapat lebih mengenal lingkungan program studi serta dapat mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang telah ditetapkan di prodi, khususnya yang terkait kode etik dan tata tertib mahasiswa.

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketentuan PKKMB Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat 2023

PRESS RELEASE BUSINESS PLAN COMPETITION PUBLIC HEATH FAIR (PHF)

PRESS RELEASE KEGIATAN