PRESS RELEASE KEGIATAN

“PEKAN GIAT”

    DAY 1


        Surabaya - Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Semester 4 Kelas B melaksanakan sebuah project tugas mata kuliah Promosi Kesehatan dan Advokasi di sebuah sekolah menengah yakni di SMP Islam Yamassa yang berlokasi di Jl Kedung Baruk, Kec. Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Project ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan pada mata kuliah tersebut. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi dari mata kuliah Promosi Kesehatan dan Advokasi. 

        Pada program ini kami memberi sebuah nama yakni PEKAN GIAT (Pengelolaan Makanan Bergizi dan Hidup Sehat) dengan membentuk kader bernama “KARSA” yang merupakan singkatan dari (Kader Remaja Sehat) dimana kader tersebut dibentuk dari anggota osis SMP Islam Yamassa. Program tersebut pada hari pertama terdiri dari dua kegiatan yakni yang pertama pemaparan materi mengenai PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Makanan Bergizi, Pengelolaan sampah dan One Day One Rubbish. Yang kedua CTPS. 

        Kegiatan ini dimulai dengan acara pembukaan yaitu registrasi dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana. Setelah pembukaan selesai dilanjut dengan pemaparan materi tentang PHBS dan pengelolaan sampah yang dipaparkan oleh Moh. Alif Azmi, perwakilan dari panitia. Dalam menyampaikan materi ini juga diselipkan program dari kami yaitu one day one rubbish yang nantinya kami berharap sekolah ini akan menjalankan program tersebut di setiap harinya. Setelah pemaparan materi selesai dilanjutkan dengan game PHBS yang ditujukan kepada sasaran dari kami yaitu osis SMP Islam Yamassa dapat memahami dengan baik apa itu PHBS. Kami juga memberikan poin dan peserta yang mendapatkan poin terbanyak akan mendapatkan reward. 

        Pemaparan materi yang kedua adalah tentang Gizi Seimbang mulai dari isi piringku sampai dengan tumpeng gizi seimbang yang disampaikan oleh Haning Firdausi. Para siswa sangat antusias dalam mendengarkan materi, setelah materi disampaikan diadakan sedikit tanya jawab dengan para siswa. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah pemahaman siswa tentang konsumsi makanan bergizi seimbang sebagai upaya mencegah semakin banyaknya penderita penyakit tidak menular yang menimpa kalangan usia produktif. 

        Tidak hanya pemberian materi tentang pengenalan Gizi seimbang saja, siswa siswi SMP Yamassa juga langsung mempraktekkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi dengan membawa bekal yang berisi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan buah-buahan. Bekal tersebut dimakan bersama-sama sesudah acara pemberian materi makanan bergizi dalam kegiatan dapat dilihat siswa siswi SMP Yamassa dapat menerima materi Gizi seimbang dengan baik sehingga dapat mengetahui makanan apa saja yang mengandung protein, karbohidrat,lemak, dan vitamin. Selain itu, komponen terpenting dalam produk pangan adalah keamanannya. Suatu produk pangan yang aman harus bebas dari cemaran fisik, kimia, dan mikrobiologi. Keamanan dari setiap makanan yang dikonsumsi perlu diperhatikan agar terhindar dari dampak negatif yang mungkin ditimbulkan suatu produk pangan. 

        Dengan diadakannya kegiatan PEKAN GIAT ini, kami berharap kepada siswa siswi SMP Islam Yamassa Surabaya dapat menerima ilmu yang dibagikan oleh kakak-kakak pemateri dan siswa siswi dapat peduli terhadap permasalahan sampah yang ada dan mampu mengembangkan Kreativitasnya dalam pemanfaatan sampah. Tidak hanya peduli terhadap permasalahan sampah, kami berharap siswa siswi juga dapat memelihara kesehatan dengan cara membentuk perilaku yang sehat.


    DAY 2


        Surabaya, Sabtu 20 Mei 2023 - Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya(UNUSA) Semester 4 Kelas B telah melaksanakan project mata kuliah Promosi Kesehatan dan Advokasi yang diampu oleh Ibu dosen Atik Qurrota A Yunin Al Isyrofi, S.KM., M.Kes. Bertempat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Yamassa Surabaya berlokasi di Jl. Kedung Baruk, Kec. Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Project ini dilaksanakan selama 2 hari yang bermulai pada hari Jumat kemarin Tepat tanggal 19 Mei 2023, yang terbagi menjadi 2 gelombang dengan acara yang berbeda, yang mana di hari pertama telah diadakan pemaparan materi mengenai PHBS, makanan bergizi seimbang serta pengelolaan sampah dan One day One Rubbish. 

        Nama dari program ini yaitu “PEKAN GIAT” (Pengelolaan Makanan Bergizi dan Hidup Sehat) dengan kader yang akan dibentuk disertai nama “KARSA” ( Kader Remaja Sehat). Dimana kegiatan itu sendiri dihadiri oleh anggota Osis SMP Islam Yamassa yang berjumlah 25 siswa-siswi yang duduk dibangku kelas 7 dan kelas 8. Kegiatan ini kami selenggarakan dari pukul 07.00 WIB hingga 11.00 WIB, dimulai dengan persiapan di dalam kelas untuk absensi dan berdoa sebelum kegiatan.

        Selanjutnya kami bersama kader turun kelapangan untuk melakukan senam pagi selama 20 menit, disini para peserta sangat antusias dan semangat melakukan senam pagi, tak hanya dari kader yang melakukan, tetapi anak SD yamassa yang ada di lapangan juga ikut memeriahkan senam pagi kali ini. Setelah senam, kami istirahat sejenak lalu kembali ke ruangan untuk kegiatan selanjutnya, Memasuki ruangan sambil melepas penat kami bermain beberapa ice breaking, setelah lelah hilang mengajak peserta untuk makan siang dengan memperlihatkan bekal makan siang sambil sedikit merefresh materi hari lalu yaitu gizi seimbang. 

        Memasuki kegiatan selanjutnya yaitu ada PHBS atau perilaku hidup bersih dan sehat, yang diberi nama “I Am Not Trash” dengan durasi 60 menit yang dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 8 sampai 9 siswa-siswi dengan diawasi oleh beberapa panitia yang bertugas. Selanjutnya kegiatan ketiga yakni dari panitia dan juga seluruh osis SMP Islam Yamassa Surabaya berdiskusi mengenai kelanjutan program “PEKAN GIAT” ini dan dilanjut pemberian reward atau hadiah untuk kelompok yang sesuai dengan kriteria penilaian yang dilakukan oleh panitia.

        Terakhir kami melaksanakan kerja bakti untuk kamar mandi sekolah sekaligus dokumentasi kegiatan dan tak lupa pula kami panitia berpamitan serta berterima kasih kepada bapak/ibu guru SMP Islam Yamassa Surabaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketentuan PKKMB Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat 2023

PRESS RELEASE BUSINESS PLAN COMPETITION PUBLIC HEATH FAIR (PHF)